Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Mandi Pagi

Mandi pagi sebelum subuh atau sekurang-kurangnya 1 jam sebelum matahari naik. Air sejuk yang meresap ke dalam badan bisa mengurangkan lemak yang terkumpul. Kita bisa lihat orang yang mandi pagi kebanyakan badannya tidak gemuk.

Minum Air Sejuk

Rasulullah SAW mengamalkan minum segelas air sejuk setiap pagi setelah bangun tidur, bukan air es atau hangat, agar terhindar dari penyakit dan menambah imun.

Sujud 1 Menit

Waktu sholat Subuh disunatkan kita bertafakur, yaitu sujud sekurang-kurangnya semenit selepas membaca doa, agar mengelak dari sakit pening atau migrain. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah. Hanya dengan bersujud maka darah baru akan mengalir ke ruang tersebut.

Cara Makan

Dalam kitab juga ada melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi SAW pernah mencegah kita makan ikan bersama ayam. Dikhawatirkan akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh saintis yang menemukan dimana dalam badan ayam mengandungi ion+ve, manakala dalam ikan mengandung ion-ve, jika dalam suapan ayam bercampur dengan ikan maka terjadi tindak balas biokimia yang terhasil yang bisa merusak usus kita. Orang yahudi suka memakan ikan tanpa bercampur dengan  makanan bercampur ayam.

Nabi SAW juga mengajar kita makan dengan tangan kanan dan bila habis hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli sains telah menemukan bahwa Enzyme = sejenis alat percerna makanan, tanpanya makanan tidak terurai, banyak terkandung di celah jari, yaitu 10 kali lipat terdapat dalam air liur.

Disunnahkan duduk ketika makan dan minum, karena posisi tubuh otomatis membagi perut menjadi 3 (udara, makanan, dan air). Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah makan.

Cara Tidur

Tidur Rasulullah SAW ada 3 waktu:

  1. Diawal malam
  2. Diseperenam akhir malam (antara 02.25 – 04.30), bangun ketika waktu subuh. Beliau SAW tidur lagi setelah tengah malam, tidak bablas sampai subuh.
  3. Dipertengahan siang (Qailulah)

Tidur dengan badan miring ke kanan. Disunnahkan untuk berwudhu, kalau bisa sholat 2 rakaat, berdoa, berdzkir, menutup aurat dan mematikan lampu, karena kondisi gelap akan membuat relax tubuh kita.

Cara Beristinja

Buang air besar dan kecil dengan cara duduk dengan badan condong ke kiri (paha menekan perut bagian kiri), baik wanita maupun pria. Posisi duduk akan menguras habis air kencing yang tersisa dengan berdehem 3 kali, mengurut, dan membasuhnya dengan bersih.

Jangan lupa berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi, serta disunnahkan untuk menutupi kepala dengan sesuatu (shower cap/handuk kecil) dan memakai alas kaki.

Advertisements