Apa Bekalmu Untuk Kehidupan Akhirat?

Saudara-saudaraku, kita hidup di dunia tidaklah lama. Rasulullah SAW bersabda, “Umur-umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit orang yang bisa melampaui umur tersebut.” (HR. Ibnu Majah: 4236, Syeikh Albani mengatakan: Hasan Shohih)

Dan ternyata dalam waktu yang sebentar itu, kita memerlukan bekal yang banyak untuk mengarunginya. Bahkan kadang kita harus banting tulang demi mencari bekal untuk kehidupan ini.

Jika untuk waktu +-70 tahun saja kita harus banting untuk mencari bekalnya, lalu sudahkah kita banting tulang untuk kehidupan alam barzah yang mungkin bisa sampai ribuan tahun?

Setelah alam barzah juga kita harus dibangkitkan dan hidup dalam waktu yang sangat lama, yaitu 1 hari = 50.000 tahun.

Ingat, ketika itu tak ada yang berguna kecuali amal baik kita. Tak ada pakaian, tak ada sandal, matahari hanya berjarak 1 mil dan tak ada naungan kecuali naungan-Nya.

Sungguh, kehidupan setelah kehidupan dunia ini jauh lebih lama, dan jauh lebih berat, tentu itu memerlukan usaha mengumpulkan bekal yang jauh lebih banyak dan jauh lebih intens. Oleh karena itu, lihatlah diri Anda, sudahkah dia mempersiapkannya?

Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah, dan lihatlah diri masing-masing apakah yang sudah ia persiapkan untuk kehidupan esoknya?” (QS. Al-Hasyr: 18)

Advertisements