Membuat Anak Agar Rajin Sholat

Anak anda tidak mau sholat? Atau mereka sampai membuat anda capek saat mengingatkan untuk sholat?

Bagaimana membuat anak-anak anda sholat dengan kesadaran mereka sendiri tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan?

Salah seorang akhwat berkisah, “Aku akan menceritakan satu kisah yg terjadi padaku. Saat itu, anak perempuanku duduk di kelas 5 SD. Sholat baginya adalah hal yg sangat berat, sampai-sampai suatu hari aku berkata kepadanya: “Bangun!! Sholat!”, dan aku mengawasinya. Aku melihatnya mengambil sajadah, kemudian melemparkannya ke lantai. Kemudian ia mendatangiku.

Aku bertanya kepadanya, “Apakah kamu sudah sholat?” Ia menjawab, “Sudah.” Kemudian aku menamparnya.  Aku tahu aku salah tetapi kondisinya memang benar-benar sulit, aku menangis. Aku benar-benar marah padanya, aku rendahkan dia dan aku menakut-nakutinya akan siksa Allah. Tapi, ternyata semua kata-kataku itu tidak ada manfaatnya.

Suatu hari, seorang sahabatku bercerita suatu kisah. Suatu ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya (seorang yg biasa-biasa saja dari segi agama), tapi ketika datang waktu sholat, semua anak-anaknya langsung bersegera melaksanakan sholat tanpa diperintah.

Ia berkata, “Aku berkata padanya, ‘Bagaimana anak-anakmu bisa sholat dengan kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan?’ Ia menjawab: ‘Demi Allah, aku hanya ingin mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum aku menikah aku selalu memanjatkan doa ini, dan sampai saat ini pun aku masih tetap berdoa dengan doa tersebut.’ Setelah aku mendengarkan nasehatnya, aku selalu tanpa henti berdoa dengan doa ini, dalam sujudku, saat sebelum salam, ketika Witir dan di setiap waktu-waktu mustajab. Demi Allah, wahai saudara-saudaraku, anakku saat ini telah duduk di bangku SMA. Sejak aku memulai berdoa dengan doa itu, anakkulah yg rajin membangunkan kami dan mengingatkan kami untuk sholat. Dan adik-adiknya, Alhamdulillah, mereka semua selalu menjaga sholat. Sampai-sampai saat ibuku berkunjung dan menginap di rumah kami, ia tercengang melihat anak perempuanku bangun pagi, kemudian membangunkan kami satu persatu untuk sholat. Aku tahu anda semua penasaran ingin mengetahui doa apakah itu? Doa ini ada di QS. Ibrahim: 40, yang artinya:

Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat. Ya Robb kami, perkenankanlah doaku.

Ya, doa. Sebagaimana anda semua tahu bahwa doa adalah senjata seorang mukmin.”

Advertisements